5 Hal yang Harus Dihindari Saat Mengenakan Pakaian Muslimah | Toko
Beranda » Artikel Blog » 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Mengenakan Pakaian Muslimah

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Mengenakan Pakaian Muslimah

Diposting pada 1 February 2020 oleh tokorienanweb | Dilihat: 72 kali | Kategori:

Dear Muslimah, hijab yang kamu kenakan memang sangat istimewa. Amat berbeda dari jenis pakaian lain, baik itu pakaian laki-laki maupun busana wanita pada umumnya.

Karena istimewa, juga saat mengenakannya menjadi bagian dari ketaatan dan ibadah, tetaplah istikamah dan tidak berpaling ke jenis pakaian yang lain yang tidak menjamin akan menyelamatkanmu.

Nah, 5 hal berikut patut diperhatikan biar kamu tetap berada dalam kebaikan dan selamanya auratmu terlindungi.

  1. Hijabmu Tidak Menyerupai Pakaian Lelaki

Secara psikologis dan biologis, perempuan dan laki-laki terlahir berbeda. Berdasarkan syariat, batasan aurat keduanya pun berbeda. Jadi sangat logis jika hijab yang dikenakan muslimah itu berbeda dengan pakaian laki-laki. Karena itu Islam melarang perempuan berpakaian mirip dengan laki-laki. Juga sebaliknya, laki-laki dilarang mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian perempuan.  

  1. HIjabmu Tak Meniru Pakaian khas Agama Lain

Hijab, baik itu gamis maupun kerudung adalah busana khas yang hanya dikenakan muslimah. Jadi tidak dibenarkan oleh syariat Islam, pakaian muslimah mirip dengan pakaian biarawati. Sekalipun pakaian biarawati memenuhi kriteria menutup aurat tetapi modelnya sudah menjadi khas agama Nasrani.

Jika hal itu terjadi, maka sudah termasuk tasyabbuh (menyerupai) yang jelas dilarang.

Rasulullah saw. bersabda: Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka. (HR. Ahmad

  1. Hijabmu Terlalu Kedodoran

Ini kebalikan dari ketat. Longgar memang harus, tetapi jika terlalu berlebih hingga hijab yang kamu kenakan melebih ukuran tubuh, jadinya tubuhmu menjadi tenggelam dan tak ‘adem’ dipandang.

Tubuhmu tidak mendapatkan hak sebagaimana yang seharusnya. Jadi proporsional saja, mengikuti hukum syara’ tetapi tidak berlebihan.

  1. Baju Manset Dijadikan sebagai Pakaian Luar

Ini kesalahan yang masih sering dilakukan perempuan, kata Desainer kondang Adjie Notonegoro. Dikutip dari Wolipop, Adjie menyebutkan, baju manset itu didesain khusus untuk dalaman agar kulit dan lekuk tubuh tidak tereskpos. Jadi tidak tepat jika dipakai sebagai pakaian luar karena bentuk tubuh akan terlihat dan kurang etis dipandang.

  1. Riya dan Pamer

Ingat ya Muslimah, berpakaian itu bukan untuk riya dan pamer. Berpakaian syar’I itu termasuk ibadah. Jika dirusakan dengan riya dan pamer, khawatir pahalanya hilang. Tetap jaga selalu, kamu menutup aurat hanya karena Allah.

Bagikan

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Mengenakan Pakaian Muslimah | Toko

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Rienan
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rienan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja